beternak ayam joper

Cara Beternak Ayam Jawa Super (Joper)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Dalam panduan kali ini saya akan membahas tentang cara beternak ayam kampung biar cepat besar. Kalau boleh jujur, memelihara ayam jawa super atau yang biasa disebut ayam joper itu bisa dibilang susah susah gampang. 

Terutama saat kita pertama kali beternak ayam jawa super, kita harus sangat mengerti bagaimana cara merawatnya, dari pakan, kandang sampai jam makannya pun harus diperhatikan.

Ada banyak langkah yang harus ditempuh untuk beternak ayam jawa super, antara lain yaitu:

  1. Kandang
  2. Seleksi Bibit Ayam
  3. Pakan Ayam
  4. Panen

Lalu, Siapa yang Perlu Membaca Panduan Ini ?

peternak ayam jawa super
Peternak ayam Jawa Super

Belajar beternak ayam jawa super memang membutuhkan kesabaran, terutama bagi anda yang masih awam dalam beternak. Padahal jika ditekuni, belajar beternak sangatlah menyenangkan dan sangat menguntungkan untuk hasilnya.

Kalau anda pernah beternak sebelumnya, mungkin akan mengerti sebagian istilah dan sebenarnya anda sudah setengah jalan untuk memasuki dunia ayam joper. Jadi, panduan ini saya buat untuk :

  1. Sama sekali belum pernah beternak
  2. Ingin beternak, namun bingung dari mana memulainya
  3. Sudah pernah beternak hewan lain sebelumnya, dan ingin beternak ayam joper
  4. Peternak ayam joper tapi ingin meningkatkan keuntungan
  5. Peternak ayam joper yang ingin meningkatkan efektifitas peternakannya

Dari awal, panduan ini memang dibuat dari nol, jadi akan dibuat beberapa bagian, untuk anda yang sudah menjadi peternak bisa melompati bagian dasar.

Membuat Kandang Ayam Jawa Super (Joper)

kandang brooding ayam joper

Mengapa saya menempatkan bagian kandang pada bagian awal? Karena kandang ayam merupakan hal fatal di dunia peternakan. Kandang adalah tempat dimana ayam melakukan segala aktivitas hingga tempat untuk berlindung ayam.

Tidak seperti kandang ayam kampunģ dan kandang ayam petelur membuat kandang ayam joper ada hal – hal yang harus diperhatikan. Hal – hal yang harus dilakukan yaitu :

  1. Penempatan letak kandang
  2. Pembuatan Kandang 

Penempatan Letak Kandang

letak kandang

Kandang yang baik adalah kandang yang ditempatkan kurang lebih 100 meter dari pusat keramaian masyarakat, selain menghindari pertikaian dengan masyarakat sekitar karena terganggu dengan suara atau bau dari ayam.

Tentu kita tidak mau jika peternakan kita ditutup paksa oleh warga kan ? Penempatan kandang seperti ini juga memudahkan kita untuk mencegah penyebaran penyakit jika terjadi wabah.

Selanjutnya pastikan akses menuju kandang anda bisa dimasuki minimal kendaraan roda empat, karena kemudahaan akses transportasi akan berguna dalam membantu pemasaran, keperluan kandang hingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Pembuatan Kandang

kandang ayam joper

Hal pertama yang dilakukan saat akan membuat kandang adalah dengan memperhatikan desain dan sistem pemeliharaan kita. Baiklah, saat ini hanya ada dua kandang yang akan digunakan yaitu kandang starter dan grower.

Untuk ukuran kandang joper starter sendiri biasanya disesuaikan dengan jumlah bibit ayam yang akan dipelihara, yang akan dipraktekkan disini adalah kandang dengan ukuran kandang ayam 1000 ekor.

Kandang starter adalah kandang yang dibutuhkan untuk memelihara ayam jawa super dengan usia 1 – 3 minggu. Tipe kandang starter adalah kandang box, disebut box karena bentuknya seperti box.

Anda bisa membuat dengan ukuran 1 x 1 meter yang bisa diisi sekitar 100 ekor DOC Ayam Joper sebanyak 10 kandang. Adapun peralatan kandang untuk kandang starter adalah :

  1. Lampu Hyper : Suhu ideal kandang starter adalah 30 hingga 32 derajat, untuk 5 watt bohlam hyper dapat memberi panas pada 50 ayam, jika di kandang ada 100 ekor, dapat menggunakan 1 bohlam 10 watt atau 2 bohlam 5 watt.
  2. Sekam : Untuk bisa menangkap panas dari lampu, anda bisa menggunakan alas berupa sekam atau koran

Setelah memasuki minggu ke empat, anda bisa memindahkan ayam joper anda ke dalam kandang grower. Dengan ukuran 13 x 13 meter anda bisa menampung 100 ekor ayam. Anda juga bisa membuat kandang ayam joper sederhana dengan desain model kandang ayam di lahan sempit, contohnya adalah model kandang baterai untuk ayam pedaging.

Cara Memilih Bibit Ayam Jawa Super yang Baik

memilih bibit doc ayam joper berkualitas

Setelah mengetahui cara pembuatan kandang ayam joper, selanjutnya adalah seleksi bibit ayam. Ciri – ciri doc ayam joper dengan kualitas yang baik adalah : 

  1. Berat sekitar 50 gram atau 1/2 kg
  2. Badan tegap, tidak cacat, tatapan matanya tajam dan berbulu halus & bersih
  3. DOC Ayam Joper jantan lebih besar dibandingan betina

Nah, mungkin untuk mencari penjual doc ayam jawa super yang berkualitas baik memang agaklah susah, untuk itu percayakanlah semua urusan bibit ayam jawa super kepada perusahaan kami. Perusahaan kami sudah berdiri lebih dari 5 tahun, sehingga sudah cukup berpengalaman dalam memproduksi bibit ayam joper yang berkualitas.

Kami bisa kirim bibit ayam jawa super sampai lokasi, dan pembayaran dapat dilakukan di tempat saat bibit ayam jawa super sudah tiba di tempat anda. Kami sudah banyak memiliki pelanggan di setiap kota di seluruh Indonesia, karena kami sangat mengutamakan mutu dan kualitas bibit ayam joper / jawa super kami.

Pakan Untuk Ayam Jawa Super (Joper)

pakan ayam joper

Setelah kandang kita persiapkan dan sudah memilih bibit unggul berkualitas, kita akan membahas bagaimana cara memberi pakan ayam agar cepat besar dan gemuk. Setelah kita memilih DOC Ayam joper, berikan satu sendok gula yang dicampur air satu gelas, pastikan gula jawa agar khasiatnya.

Untuk pakan ayam joper sendiri, karena jenisnya ayam pedaging pakan yang digunakan bisa berupa pakan ayam pedaging pabrikan yang belum dicampur apapun contohnya pakan starter BR1. Baru setelah 4 minggu kemudian bisa diberi pakan campuran maupun pakan alternatif lainnya.

Harga pakan ayam joper sendiri bisa bervariasi tergantung kebijakan toko, anda bisa mencari cara cara membuat pakan ayam organik yang bisa diberikan setelah 4 minggu  jika keuangan anda sedang tidak bagus. Untuk vitamin / suplemen saya merekomendasikan vitamin ayam merk vitachick, anda juga bisa menggunakan obat / ramuan agar ayam cepat gemuk.

Waktu Panen Ayam Jawa Super (Joper)

panenan ayam joper

Ayam jawa super dapat dipanen pada saat berumur 2 bulan atau sekitar 60 hari. Berat badan harus mencapai bobot yang sesuai pakan yang kita beri sehari – hari.

Pada saat masa panen, biasanya para pengepul dan pemborong ayam akan mendatangi lokasi kandang kita, atau kita bisa memasarkannya secara langsung agar keuntungannya pun lebih besar.

Adapun harga ayam joper siap panen hari ini berbeda dengan harga ayam joper per kg 2019, yaitu sekitar Rp 30.000. Setelah kita membahas kandang, bibit ayam, pakan hingga tata cara dalam panen selanjutnya adalah bagian terakhir yaitu analisa ternak ayam jawa super.

Analisa Ternak Ayam Jawa Super

budidaya ayam joper

Ada baiknya sebelum kita memulai beternak ayam joper, kita melakukan perhitungan serta analisa pasar untuk ternak ayam joper. Dengan analisa kita dapat mengetahui keuntungan, biaya operasional hingga kerugian saat kita beternak.

Kita bisa belajar dari analisa ternak ayam joper 100 ekor 2018 yang sudah saya kutip dari Ayamjoper.id bahwa apabila kita salah dalam melakukan analisa ini, kemungkinan kita gagal dalam beternak sangat besar.

Bagaimana cara analisa usaha ayam joper?

Hal pertama adalah berapakah jumlah ayam untuk usaha ternak ayam jawa super anda ? Dalam hal ini saya contohkan ternak ayam joper 100 ekor.

Harga ayam joper 2020 mengalami kenaikan daripada harga ayam joper 2019 yaitu sebanyak 2%. Hal ini tentunya menggembirakan karena masa depan ayam joper cukup cerah dan tentunya akan semakin naik seiring berjalannya waktu.

Hal yang perlu dibeli untuk budidaya ayam jawa super :

  • Harga DOC Ayam Joper 100 Ekor : Rp 580.000
  • Pakan Starter BR1 untuk ayam pedaging 3 sak : Rp 1.400.000
  • Vaksin ND IB : Rp100.000
  • Vitamin Merk Vitachick : Rp 35.000
  • 3 Lampu Hyper 5 watt : Rp 15.000
  • Ransum Pakan dan Minum : Rp 50.000
  • Listrik : Rp 20.000
  • Total : Rp 2.200.000

Cara analisa ayam joper saat ini tentunya berbeda dengan analisa ternak ayam joper 100 ekor 2018. Saat ini harga daging ayam jawa super mencapai Rp. 30.000, jadi pendapatan kotor kita dengan 1000 ekor adalah : Rp 30.000 x 100 = Rp. 3.000.000.

Dengan modal Rp 2.200.000 anda dapat keuntungan : 

  • Rp 3.000.000 – Rp 2.200.000 = Rp 800.000

Demikian panduan cara beternak ayam joper yang berdasarkan praktek dari teknik ternak ayam jawa super klaten. Semoga informasi sedikit diatas dapat bermanfaat bagi anda semua. Jangan menyerah untuk belajar terus tentang bagaimana cara beternak ayam joper yang baik dan benar.

Related Posts :

Tinggalkan komentar